Kamis, 25 November 2010

China Serukan Duo Korea Tahan Diri

Kamis, 25 November 2010 - 09:23 wib
Baskoro Pramadani - Okezone
BEIJING - China menyerukan kepada duo Korea agar tetap tenang dan menahan diri serta mengusahakan perundingan di antara keduanya sesegera mungkin, untuk mencegah semakin meningkatnya tensi di semenanjung Korea.


China yang merupakan sekutu terdekat Korea Utara (Korut) diharapkan mampu mengajak negara pimpinan Kim Jong Il tersebut untuk meghentikan tindakan agresifnya.
Harapan ini muncul setelah Korut pada Selasa, 23 November, menembakkan serangkaian peluru artileri ke Pulau Yeonpyeong yang merupakan wilayah Korea Selatan (Korsel). 

Insiden tersebut menewaskan sedikitnya empat orang, dua dari kalangan militer Korsel dan dua dari warga sipil, serta melukai puluhan orang lainnya. Sejumlah rumah juga hancur akibat tindakan brutal Korut ini. Demikian dilansir The Straits Times, Kamis (25/11/2010).

China sebelumnya menolak berkomentar atas kasus ini. Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hong Lei hanya mengatakan bahwa Beijing "prihatin."

Namun China juga menyebutkan bahwa mereka tetap dalam upaya mewujudkan denuklirisasi di kawasan. "Kebijakan konsisten Beijing adalah mewujudkan denuklirisasi di Semenanjung Korea melalui dialog," kata Lei. 

Korsel melalui presiden Lee Myung-Bak sempat mengancam akan melakukan serangan balasan apabila Korut melakukan tindak provokasi lebih jauh. 


China sebelumnya menolak untuk memberi komentar, namun kini China  sangat prihatin dan mengharapkan kedua negara tetap tenang dan menahan diri serta menyelesaikan masalah melalui perundingan. China yang merupakan sekutu Korea utara, diharapkan mampu mengajak Korea Utara untuk menghentikan serangannya. Korea Selatan juga mengancam akan memberikan serangan balasan jika Korea utara terus melancarkan serangan tersebut.

1 komentar:

  1. perang itu tidak menghasilkan apa-apa, herannya masih banyak yang berperang. memang berbagai faktor bisa memicu terjadinya perang tapi kebanyakan perang hanya akan menyebabkan kerugian dibandingkan dengan keuntungannya. Peace ^^ !

    BalasHapus